28 Oktober

dua puluh delapan Oktober, tanggal yang selalu saya ingat dan terus saya ingat melebihi tanggal bersejarah dalam hidup saya sendiri.. hari dimana seseorang terlahir di dunia yang penuh dengan perjuangan dan kerasnya hidup.

dua puluh delapan Oktober, tanggal itu seorang gadis kecil yang cantik, merah, dengan rambut yang hitam (kata ibu saya) dengan suara kecilnya dia bersuara untuk pertama kalinya di dunia, menandakan bahwa ia siap menjadi salah satu penghuni dari sekian ribuan, jutaan, bahkan milyaran orang yang hidup di bawah langit ini.

dua puluh delapan Oktober, hari ini saya menyaksikan rekan, partner saya, dikelilingi mahasiswanya menyanyikan lagu Happy birthday dilengkapi dengan kue tart dan lilin yang menyala di atasnya..  meriah… meski itu masih didalam ruangan yang penuh dengan headset dan kamus bahasa Inggris.

I remember her,,, my lovely sister..

Dulu waktu saya kecil, sempet saya benci dia, karena dia selalu mengkritik apapun yang saya lakukan, apapun yang saya perbuat, semuanya. Sampai saya pernah berfikir, kenapa dia ada didunia..

Bertambah usia, saya menyadari bahwa dia melakukan itu karena saya adiknya, saya menjadi tanggung jawabnya sebagai kakaknya. Saya juga menyadari sepenuhnya, karena orang tua terlalu sibuk dengan saudara-saudara saya. Maklumlah keluarga besar..

Bertambah usia, apapun yang saya kerjakan dan apapun yang akan saya kerjakan, saya selalu bercerita, bertanya, dan ‘malah’ saya selalu meminta saran atau bagaimana sebaiknya. Sampai sekarang… meskipun pertanyaan dan saran yang saya minta dia tidak bisa menjawab, dan memberi saran meskipun sedikit. Diam seribu bahasa…

Dulu saya bertatap muka langsung denganya, sampai jarak memisahkan masih saya berkomunikasi denganya. Sampai dia terbaring tak berdaya, beristirahat dengan damainya di pusara, saya tetap bercerita, bertanya dan apapun yang telah saya lakukan, yang telah capai selama ini (saya sempat berjanji padanya)… Tapi sayang dia tidak bisa melihat saya saat ini.

Happy birthday my lovely sister, Dewi Ratna Novitasari…

One thought on “28 Oktober

  1. Insya Allah mba ovi bangga lht mas skrg… dah jadi orang.

Leave a Reply

