10 ciri khas Makassar

1. Coto Makassar

Coto Makassar atau Coto Mangkasara adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari jeroan (isi perut) sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus. Coto dihidangkan dalam mangkuk dan dimakan dengan ketupat dan “burasa”. Saat ini Coto Mangkasara sudah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia, mulai di warung pinggir jalan hingga restoran. Dan direncanakan mulai bulan November 2008 Coto Makassar akan menjadi salah satu menu pada penerbangan domestik Garuda Indonesia dari dan ke Makassar.

2. Konro

Konro merupakan salah satu masakan asli Indonesia yang berasal dari tradisi Bugis dan Makassar. Masakan berkuah warna coklat kehitaman ini biasa dimakan dengan ketupat kecil yang dipotong-potong terlebih dahulu. Warna gelap ini berasal dari buah kluwek yang memang berwarna hitam. Bumbunya relatif “kuat” akibat digunakannya ketumbar. Sup ini biasanya juga dibuat dengan daging sapi.

3. Pantai Losari

Pantai Losari adalah sebuah pantai yang terletak di sebelah barat kota Makassar. Pantai ini menjadi tempat bagi warga Makassar untuk menghabiskan waktu pada pagi, sore dan malam hari menikmati pemandangan matahari tenggelam yang sangat indah.

Pada sore hari, semua orang bisa menikmati proses atau detik-detik tenggelamnya matahari sunset.

4. Pantai Akkarena

atu lagi pesona pantai santai diperkenalkan kota Makassar kepada publik Indonesia dan internasional. Pantai Akkarena terletak di sepanjang Jalan Metro, Kecamatan Tamalate, sekitar 3 km dari pusat kota Makassar.

Total wilayah pesisir Tanjung Bunga yang dikembangkan sebagai Pantai wisata Keluarga Akkarena ini mencapai 10 Ha. Dengan keindahan panorama pantainya serta matahari terbenam, Pantai Akkarena menawarkan berbagai sarana untuk bersantai, bermain dan berolah raga bagi seluruh keluarga.

5. Fort Rotterdam

Fort Rotterdam atau Benteng Ujung Pandang (Jum Pandang) adalah sebuah benteng peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo. Letak benteng ini berada di pinggir pantai sebelah barat Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Benteng ini dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa ke-9 yang bernama I manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa’risi’ kallonna. Awalnya benteng ini berbahan dasar tanah liat, namun pada masa pemerintahan Raja Gowa ke-14 Sultan Alauddin konstruksi benteng ini diganti menjadi batu padas yang bersumber dari Pegunungan Karst yang ada di daerah Maros. Benteng Ujung Pandang ini berbentuk seperti seekor penyu yang hendak merangkak turun ke lautan. Dari segi bentuknya sangat jelas filosofi Kerajaan Gowa, bahwa penyu dapat hidup di darat maupun di laut. Begitu pun dengan Kerajaan Gowa yang berjaya di daratan maupun di lautan.

Nama asli benteng ini adalah Benteng Ujung Pandang, biasa juga orang Gowa-Makassar menyebut benteng ini dengan sebutan Benteng Panyyua yang merupakan markas pasukan katak Kerajaan Gowa. Kerajaan Gowa-Tallo akhirnya menandatangani perjanjian Bungayya yang salah satu pasalnya mewajibkan Kerajaan Gowa untuk menyerahkan benteng ini kepada Belanda. Pada saat Belanda menempati benteng ini, nama Benteng Ujung Pandang diubah menjadi Fort Rotterdam. Cornelis Speelman sengaja memilih nama Fort Rotterdam untuk mengenang daerah kelahirannya di Belanda. Benteng ini kemudian digunakan oleh Belanda sebagai pusat penampungan rempah-rempah di Indonesia bagian timur.

6. Pulau Kayangan

Pulau Kayangan adalah sebuah pulau kecil berpasir putih seluas sekitar 1 ha dan secara administratif termasuk dalam wilayah Kelurahan Bulo Gading, Ujung Pandang, Makassar, Sulawesi Selatan. Lokasinya berjarak ± 0,8 km dari Kota Makassar, tidak jauh dari Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, atau dapat ditempuh 15 menit perjalanan dengan menumpang perahu boat 36 PK yang khusus disediakan bagi para pengunjung. Pulau ini dulunya bernama Marrouw atau Meraux.

Pulau Kayangan mempunyai beberapa fasilitas seperti tempat penginapan, resort/pondokan, panggung hiburan, restoran, gedung serba guna, tempat bermain bagi anak-anak, sarana olah raga, dan anjungan memancing. Di bagian lain terdapat sejumlah aquarium yang menampung beraneka ragam jenis ikan hias air laut. Daya tarik : Berenang, panorama matahari terbenam (sunset), olah raga air, musik & pertunjukan, permainan anak-anak, akuarium.

7. Pulau Samalona

Samalona adalah sebuah pulau kecil di Selat Makassar, tepatnya di sebelah barat daya pantai barat Sulawesi Selatan. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Posisi lebih tepatnya berada di sebelah barat kecamatan Wajo, Makassar, berjarak sekitar 2 km dan bisa dilihat dengan jelas dari kecamatan tersebut.

Untuk menuju pulau ini bisa menggunakan perahu nelayan (perahu dengan mesin tempel) dan memerlukan waktu tempuh tidak lebih dari 0,5 jam. Di pulau ini berdiri sebuah mercu suar yang digunakan sebagai tanda batas daratan bagi kapal-kapal berbadan besar.

Samalona adalah kepulauan yang bisa dilihat jelas dari Benteng Fort Rotterdam di daerah Keling – Makassar. Mandalika hanya berjarak 500 meter dari bibir tebing Benteng Fort Rotterdam.

8. Pelabuhan Paotere

Poetere (pelabuhan tradisional) merupakan tempat persinggahan kapal layar masyarakat Sulawesi yang datang dari berbagai wilayah di Indonesia. Terdapat berbagai macam kapal layar dalam gaya dan bentuknya.

Terletak di Kecamatan Ujung Tanah, Makassar, Sulawesi Selatan. Pelabuhan yang berjarak ± 5 km (± 30 menit) dari pusat Kota Makassar ini merupakan salah satu pelabuhan rakyat warisan tempo doeloe yang masih bertahan dan merupakan bukti peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo sejak abad ke-14 sewaktu memberangkatkan sekitar 200 armada Perahu Phinisi ke Malaka.

9. Pisang Epe

Kalau ini gan.. Bisa didapat kalau pergi ki’ pantai Losari. Pisang ini di bakar kemudian di beri gula merah yang cair. enak pokoknya apa lagi bersama pacar

10. Trans Studio

Trans Studio Resort Makassar adalah kawasan wisata terpadu di Makassar, Indonesia. Trans Studio dibangun seluas 12,7 hektare dengan investasi mencapai Rp 1 triliun. Proyek ini diresmikan pada 9 September 2009 oleh Bapak Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla. Fasilitas yang dibangun di antaranya pusat perbelanjaan yang meliputi Trans Walk dan Trans Rodeo Drive, kemudian Trans Studio, Trans Hotel, serta kantor Bank Mega. Gedung Trans Studio dibangun seluas 22.000 m² dengan tinggi 20 meter yang merupakan taman hiburan indoor terbesar ke 3 di Dunia.

tambahan

11. Sop Saudara

Kalau makanan satu ini. terdiri dari Nasi + Ikan Bakar (Bandeng) + Sop saudara enak sekali disantap kalau lapar sekali. Pasti Bassoro’ ki ( Kenyang )

12. Karebosi

Kalau ini, satu – satunya MAL di bawa tanah ( di bawa lapangan KAREBOSI )
Jujur saya biasa berfikir, gimana seandainya Lapangannya Longsor yaa


fasilitas karebosi tambah lengkap dengan kehadiran lapangan futsal. Carefour itu berada di bawah lapangan Karebosi ada juga pizza hut, food court, game zone, kios ponsel/laptop/elektronik/dll…. Dan lapangan ini sering sy lihat diambil mereka-mereka yg akan melangsungkan pernikahan sebagai lokasi foto pre-wedding …

http://www.kaskus.us

http://www.skyscrapercity.com

 

About these ads

13 thoughts on “10 ciri khas Makassar

  1. Bagus bikin orang penasaran n pengen ke sono (lo pny duwit he…) tapi sayang ko nggak bahas tegal to UPS tercinta…

  2. forumer skyscraper yah?

  3. Majulah Makassar… Wakil Indonesia Tengah untuk perkembangan ke Timur Indonesia…

  4. setelah lulus kuliah nanti aku ingin jalan2 ke sini .,,,, wow fantastis………..

  5. aku ingin jalan2 kesini sambil menikmati wisata kuliner makasar ,,, menikmati indah nya pondorama alam nan anggun dan bersahabat ,,,jujur aku sangat ingin kesana paskah aku serjana suatu saat nanti ,,, dan aku juga ingin bertemu seseorang yang istimewa di pulau kayangan ..semoga saja tuhan mengizin kan kami untuk bertemu amien ……

  6. katanya 10 kok jd 12 sih,,,,??

  7. assalamualaikum maaf ganggu numpang lapak gan.BENJAMIN = 245 rb
    SHARP INOVA mini = 260 rb
    SHARP INOVA kayu = 300 rb
    SHARP ACE = 335 rb
    SHARP INOVA Fiber = 360
    SHARP HAMMER = 385
    Tiger SHORT Truglo = 600rb
    Tiger LONG Truglo = 760rb
    Gejluk= mulai dari 900rb
    Pcp=mulai dari 1.5jt
    Senapan 5,5 mulai dari = 650rb. Dll. Kami juga menyediakan macam mimis 4.5 dan mimis 5.5 dan spare part yg murah2. Di tunggu order nya gan. Ini hp saya gan 083821320268

  8. Kota ku,kota kelahiran q…
    Maju teruz kota ku, mari kta lestarikan kota kta lebh baik lgi…
    Klau bkan kta yg mlestarikan.nya siapa lgi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s